Engine Fuel System
FUEL
SYSTEM adalah sistem pengisian, penyimpanan dan pendistribusian fuel ke sistem
engine dan APU.Pada normalnya ada 3 tangki Fuel yang ada dipesawat yaitu tank 1
yang berada di kiri sayap, Tank 2 yang ada di kanan sayap dan center tank yang
berada di tengah sayap.
Masing-masing di lengkapi dengan electrical boost
pump. Pompa ini mendistribusikan fuel di bawah tekanan ke Engine dan APU.Fuel
yang di muat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup fueling di bagian
fueling yang bertekanan.Elektric motor-driven boost pump dan saluran fuel
mendistribusikan fuel dari suatu tank ke satu Engine atau kedua-duanya.
Electrically operated valve mengontrol fuel cross-feed dan Engine fuel shutoff.
Pump dan valve pengontrol di lengkapi dengan instrument dan indicating light
untuk memonitoring system tersebut,pengaturan dari system control panel berada
di depan di atas kepala panel.Di dalamSystem Fuel sendiri terdapat beberapa
system yang dapat membantu
Fueling dan De-Fueling lebih cepat, Seperti :
1. Fuel Vent Sytem
2.
Pressure Fueling System
3.
Fuel Quantity Indicating Sytem
1)
Fuel vent system mencegah kelebihan tekanan atau
kehampaan dari pendistribusian fuel. Vent chanel memanjang sampai ke main dan
center tank yang berdekatan dengan bentuk skin wing bagian atas pada setiap
section chanel. Tabung vent memberikan venting ketika ketup float membuka.
2)
Pressure fueling system menyuplai fuel untuk mengisi
tank-tank di pesawat. Refuelstation berada di leading edge wing kanan
yangmemiliki :
1.
Refuel panel
2.
Fueling receptacle manifold
3.
Fueling power control switch
4.
Fueling receptacle
FuelingReceptacleTempat
masuknya fuel ke tangki-tangki pesawat yaitu untuk menghubungkan fueling hose
dengan pressurefueling system
Fueling shutoff valve terpasang
dengan sebuah electric,solenoid-actuated,shutoff valve. Fueling shutoff
valve adalah spring-loaded untuk posisi menutup dengan manual override
pushbottom Manual override pushbotton pada valve selenoid memberikan prosedur
manual untuk membuka fueling shutoff valve ketika tidak memiliki energi.
Manual
override push buttons (solenoid override) berada pada valve selenoid memberikan
prosedur manual untuk membuka fueling shutoff valve ketika tidak memiliki
energy
Fueling power control switch Sebagai
sensor untuk mengalirkan( door open ) dan mematikan( door close ) arus AC dan
DC Volt Ke Refuel Pane.
3)
Fuel Quantity Indicating Sytem yaitu sistem untuk
mengetahui Quantity atau banyaknya fuel pada ke-3 tangki.Fuel quantity
indicating system ini terdapat pada cokpit dan refuel panel. Pada refuel panel
ini biasanya digunakan untuk mempermudah pengisian fuel.
Komentar
Posting Komentar