Engine Fuel System

ENGINE FUEL SYSTEM


FUEL SYSTEM adalah sistem pengisian, penyimpanan dan pendistribusian fuel ke sistem engine dan APU.Pada normalnya ada 3 tangki Fuel yang ada dipesawat yaitu tank 1 yang berada di kiri sayap, Tank 2 yang ada di kanan sayap dan center tank yang berada di tengah sayap.


Masing-masing di lengkapi dengan electrical boost pump. Pompa ini mendistribusikan fuel di bawah tekanan ke Engine dan APU.Fuel yang di muat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup fueling di bagian fueling yang bertekanan.Elektric motor-driven boost pump dan saluran fuel mendistribusikan fuel dari suatu tank ke satu Engine atau kedua-duanya. Electrically operated valve mengontrol fuel cross-feed dan Engine fuel shutoff. Pump dan valve pengontrol di lengkapi dengan instrument dan indicating light untuk memonitoring system tersebut,pengaturan dari system control panel berada di depan di atas kepala panel.Di dalamSystem Fuel sendiri terdapat beberapa system yang dapat membantu

Fueling dan De-Fueling lebih cepat, Seperti :

1.  Fuel Vent Sytem

2.  Pressure Fueling System

3.  Fuel Quantity Indicating Sytem

1)      Fuel vent system mencegah kelebihan tekanan atau kehampaan dari pendistribusian fuel. Vent chanel memanjang sampai ke main dan center tank yang berdekatan dengan bentuk skin wing bagian atas pada setiap section chanel. Tabung vent memberikan venting ketika ketup float membuka.


2)      Pressure fueling system menyuplai fuel untuk mengisi tank-tank di pesawat. Refuelstation berada di leading edge wing kanan yangmemiliki :
1.  Refuel panel

2.  Fueling receptacle manifold

3.  Fueling power control switch

4.  Fueling receptacle

FuelingReceptacleTempat masuknya fuel ke tangki-tangki pesawat yaitu untuk menghubungkan fueling hose dengan pressurefueling system


Fueling shutoff valve terpasang dengan sebuah electric,solenoid-actuated,shutoff valve. Fueling shutoff valve adalah spring-loaded untuk posisi menutup dengan manual override pushbottom Manual override pushbotton pada valve selenoid memberikan prosedur manual untuk membuka fueling shutoff valve ketika tidak memiliki energi.

Manual override push buttons (solenoid override) berada pada valve selenoid memberikan prosedur manual untuk membuka fueling shutoff valve ketika tidak memiliki energy

Fueling power control switch Sebagai sensor untuk mengalirkan( door open ) dan mematikan( door close ) arus AC dan DC Volt Ke Refuel Pane.

3)      Fuel Quantity Indicating Sytem yaitu sistem untuk mengetahui Quantity atau banyaknya fuel pada ke-3 tangki.Fuel quantity indicating system ini terdapat pada cokpit dan refuel panel. Pada refuel panel ini biasanya digunakan untuk mempermudah pengisian fuel.










Komentar

Postingan Populer